Cara Menghitung Nilai dan Harga 1 Bitcoin

Harga 1 Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang kripto yang tidak ada bentuk fisiknya, cuma digital saja. Bitcoin dibuat pakai sistem blockchain yang segala transaksi di simpan secara aman tanpa bisa di ganggu gugat. Setiap Bitcoin yang dibeli, dijual, atau ditransaksikan itu bisa dilacak lewat internet. Fungsi bitcoin ini adalah sebagai alat pembayaran, namun karena banyak orang yang menggunakannya sebagai alat transaksi atau tukar-menukar mata uang suatu negara, maka harga bitcoin menjadi lebih tinggi.

Dalam menghitung nilai bitcoin sendiri tidaklah mudah, Anda butuh perhitungan yang benar. Untuk mengetahui nilai dari satoshi ke bitcoin, yaitu 10000 satoshi berapa rupiah. Ketika Bitcoin telah naik ke angka 8000, anda tinggal mengalikan jumlah btc dengan jumlah satoshi. Jumlah bitcoin yang dihasilkan x harga bitcoin (idr) = total rupiah. Jadi, jika anda memiliki 22.681 satoshi maka setara dengan 0.00022681 btc.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mata uang bekerja seperti Bitcoin, jika Anda sedang memegang koin atau uang kertas Rupiah di tangan Anda saat ini, pada saat yang bersamaan ada jutaan orang yang melakukan jual beli Rupiah, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Jadi walaupun Anda merasa harga mata uang Anda cenderung stabil, sebenarnya harga Rupiah tersebut sudah berubah secara terus menerus.

Alasan mengapa harga Bitcoin fluktuatif dibandingkan mata uang lainnya adalah tidak adanya satupun entitas yang bisa mengontrol harga Bitcoin. Hal ini karena harga Bitcoin ditentukan oleh semua orang yang memiliki coin (berapapun jumlahnya). Jika Anda memiliki Bitcoin, Anda termasuk salah satu orang yang menentukan harga Bitcoin. Jika Anda tiba-tiba menjual semua Bitcoin, maka harga akan bergerak turun (karena penawaran/supply bertambah). Anda telah berkontribusi pada jumlah permintaan (demand) Bitcoin.

Oleh karena itu, jika Anda lihat saat ini harga bitcoin sedang turun hal tersebut karena demand atau permintaan belum terlalu tinggi. Ketika permintaan Bitcoin sudah mulai banyak kembali, maka harga Bitcoin bisa mencapai titik tertingginya kembali yaitu sekitaran angka 900 juta sampai 1 milyar rupiah. Jadi anda harus mempersiapkannya terlebih dahulu dengan cara membeli dari sekarang agar tidak ketinggalan. Untuk membeli Bitcoin (BTC) anda bisa menggunakan aplikasi Luno ya..