Mengenal Apa itu Blockchain dan Cryptocurrency

Mengenal Transaksi Blockchain Pada Cryptocurrency
Mengenal Transaksi Blockchain Pada Cryptocurrency

Blockchain adalah suatu system digital yang digunakan untuk penyimpanan catatan mata uang kripto. Dimana informasi digital yang disimpan pada setiap blok di sepanjang rantai dapat berisi detail seperti tanggal, waktu, jumlah, dan siapa saja yang melakukan transaksi tersebut. Untuk membedakan antara blok dalam rantai digital ini, harus memiliki pengidentifikasi spesifik yang dikenal sebagai hash yang merupakan pelacak digital yang bisa mengetahui darimana alamat tersebut berasal dalam pembelian cryptocurrency. Ada 5 langkah kunci yang menjelaskan secara detail bagaimana blok baru ditambahkan ke blockchain. Jika anda membeli atau menjual Bitcoin misalnya, ini adalah bagaimana proses itu akan terjadi dan kami dapat menjelaskannya dalam istilah yang lebih sederhana seolah-olah anda membeli kopi di kafe, berikut masksudnya :

  • Transaksi

Langkah pertama adalah sesuatu yang benar-benar terjadi, seperti membeli susu almond kemasan kecilmu. Kamu melangkah ke konter, memberitahu namamu, dan melakukan pemesanan. Untuk cryptocurrency seperti Bitcoin, itu akan terjadi pada pertukaran cryptocurrency atau ketika kamu mentransfer Bitcoin di antara dompet cryptocurrency saat kamu membeli di bursa, danamu cenderung bercampur dengan orang lain dan catatan pertukaran yang memiliki apa daripada membuat catatan pada blockchain. Tetapi ketika kamu mentransfer cryptocurrency antara dompet, maka kemungkinan itu akan direkam di blockchain.

  • Verifikasi

Untuk banyak jenis transaksi, ada figur otoritas yang bertugas mengawasi transaksi. Saat kamu menggesek kartumu untuk latte itu, info tersebut beralih dari perusahaan kartu kreditmu ke pemroses pembayaran kedai kopi untuk memastikannya sah. Atau jika kamu membayar dengan tagihan $ 50, kasir dapat melayangkan dana umum General Grant seketika untuk memastikan itu nyata. Dengan cryptocurrency, jaringan komputer terdesentralisasi di seluruh dunia memverifikasi transaksi saat kamu mentransfer crypto di antara dompet ini adalah salah satu cara banyak cryptocurrency didesentralisasi melalui proses verifikasi).

  • Note

Kedai kopi itu harus melacak semua latte yang mereka jual dan uang yang mereka bawa, jadi mereka menambahkannya ke buku catatan mereka. Transaksi Blockchain memiliki kebutuhan yang sama, sehingga info dari transaksi (jumlah, waktu) dicatat pada blok. Bahkan, banyak transaksi seperti milikmu dapat direkam pada satu blok dalam blockchain.

  • Identifikasi

Buku catatan kedai kopi itu tidak banyak membantu jika tidak terorganisir, sehingga pemilik toko mungkin menyimpannya dalam tumpukan dengan tanggal yang ditandai dengan jelas. Atau jika mereka menggunakan sistem komputer, mereka mendapatkan info keuangan setiap bulan yang diidentifikasi dengan rapi pada setiap file. Untuk blockchain, dengan begitu banyak blok virtual yang mencakup setiap transaksi, kemampuan untuk mengidentifikasi masing-masing sangat penting, sehingga masing-masing diberi hash – kode identifikasi khusus sendiri.

  • Penyimpanan

Dengan setiap bulan yang lewat, kedai kopi kemudian akan menempelkan buku catatan fisik mereka di ruang belakang untuk diamankan atau dapat menempatkan semua file digital transaksi dalam satu file komputer. Untuk blockchain, setelah masing-masing blok menghasilkan hash, itu ditempatkan ke dalam blockchain sebagai catatan dari semua lima langkah yang baru saja kita bahas.