Mengenal Altcoin Sebagai Aset Digital Baru

Mengenal Altcoin Sebagai Aset Digital Baru

Mengenal Altcoin Sebagai Aset Digital Baru

Banyak dari Anda yang mungkin sering menanyakan, apa itu altcoin? Pada artikel ini kita akan membahas informasi seputar pengertian altcoin dan jenis-jenisnya. Alticoin adalah semua aset digital yang bukan Bitcoin. Alt berasal dari kata “Alternatif,” jadi pada dasarnya itu berarti pilihan selain Bitcoin. Saat ini, ada lebih dari 5.000 Altcoin di pasar. Mirip dengan Bitcoin, kamu dapat memperjualbelikan Altcoin dan menghasilkan keuntungan juga. Volume perdagangan Altcoin mencapai 35% dari kapitalisasi pasar perdagangan aset digital pada April 2021. Altcoin memiliki beragam perbedaan dari berbagai sisi dengan Bitcoin. Ada yang menggunakan model ekonomi yang berbeda, ada juga yang menggunakan cara distribusi koin yang berbeda termasuk salah satu jenis koin yang dibagikan secara gratis kepada seluruh warga negara di sebuah negara.

Selain keberagaman yang ditawarkan, salah satu alasan kenapa altcoin kerap dijadikan pilihan investasi selain Bitcoin adalah karena harganya. Ada kalanya Bitcoin mengalami penurunan harga sementara Ethereum atau Ripple justru berhasil naik. Di saat-saat seperti inilah altcoin berperan sebagai penyelamat bagi para trader. Dengan menginvestasikan uangnya ke aset lain selain Bitcoin, para trader bisa mengurangi risiko kehilangan uang mereka seandainya harga aset yang mereka beli turun. Konsepnya persis dengan diferensiasi aset untuk menjaga Anda dari kehilangan harta karena hanya memiliki 1 jenis penyimpanan saja. Meski ada altcoin yang sukses menyaingi nama besar Bitcoin, banyak juga di antara altcoin-altcoin ini yang sama sekali tidak menawarkan keuntungan apa-apa. Selain itu, sebagian besar dari altcoin juga berfungsi sebagai alat pembayaran dengan sistem peer-to-peer yang terdesentralisasi (disimpan di banyak tempat), mempunyai mekanisme kecepatan transaksi yang lebih cepat, dan lebih banyak privasi pada pengguna dibandingkan aset kripto yang lain.

Untuk melihat perbedaan bitcoin dan altcoin, mari kita bahas secara sederhana satu persatu: Litecoin merupakan versi lebih sederhana dari bitcoin. Perbedaan antara bitcoin dengan litecoin ada beberapa macam, yaitu litecoin memiliki persediaan koin sebanyak 84 juta dibandingkan bitcoin yang memiliki persediaan sebanyak 21 juta. Kemudian dari segi proses penghasilan blok, litecoin mampu menghasilkan blok dalam waktu 2,5 menit. Empat kali lebih cepat dari bitcoin yang memerlukan waktu 10 menit. Seperti yang kita tahu, altcoin diciptakan menggunakan formula dan mekanisme yang mirip dengan bitcoin. Perbedaan yang dimiliki masing-masing altcoin adalah ciri khas dan bentuk dari penyempurnaannya. Lantas, sebenarnya aset kripto mana yang lebih aman? Bitcoin atau altcoin? Seluruh aset kripto di build berdasarkan teknologi blockchain yang secara sederhana menerapkan sistem peer to peer yang terdesentralisasi di mana memiliki tingkat keamanan tinggi. Apabila seseorang ingin membobol bitcoin misalnya, ia berarti harus membobol setidaknya lebih dari 1 juta komputer user yang bekerja sebagai miners (server)